Responsive image

For Info & Inquiries
+6285954487807

Responsive image

Travel Bubble Singapore - Hongkong dimulai 22 November 2020

Di publikasikan oleh Admin Pada Tanggal 23 November 2020
Responsive image

Travel Bubble Singapore-Hongkong dimulai 22 November 2020 - Perjalanan bebas karantina antara Hongkong dan Singapore akan dimulai pada 22 November 2020, mengacu pada rincian Air Travel Bubble bilateral yang diumumkan Rabu. Pada pedoman baru, pelancong akan diizinkan melakukan perjalanan antar dua negara tanpa perlu melakukan isolasi pada saat kedatangan. Sebaliknya, mereka akan diminta untuk menjalani tes Covid-19 dan memberikan hasil negatif dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan. Semua pelancong yang tiba di Hongkong juga akan diminta untuk mengikuti tes Covid-19 di bandara pada saat kedatangan.
 
Tidak akan ada batasan untuk tujuan perjalanan dan tidak ada persyaratan khusus yang wajib dibawa. Namun syaratnya pelancong tidak boleh memiliki riwayat perjalanan ke tempat manapun di luar Hongkong atau Singapore dalam waktu 14 hari sebelum keberangkatan.
 
Saat kedatangan, pelancong akan tunduk pada aturan pembatasan Covid-19 lokal di negara masing-masing, seperti mengunduh aplikasi pelacakan kontak dan mengenakan masker. Setiap pelancong yang tertular virus akan diharuskan menanggung biaya medis mereka sendiri.
 
Penerbangan awalnya akan dibatasi satu penerbangan per hari ke setiap kota dengan batas 200 wisatawan di setiap penerbangan. Jika situasi virus korona di kedua kota tidak memburuk, frekuensi penerbangan diperkirakan akan ditambah menjadi dua penerbangan per hari. Diluar itu, jika rata-rata kasus mingguan yang dikonfirmasi melebihi lima kasus per hari di kedua sisi, Travel Bubble akan ditangguhkan selama dua minggu, kata Sekretaris Pembangunan Ekonomi dan Perdagangan Hong Kong, Edward Yau. Penerbangan Travel Bubble hanya akan mengangkut penumpang yang bepergian menuju Hongkong dan Singapore dan tidak mencakup mereka yang transit melalui salah satu dari keduanya.
 
Hongkong dan Singapore pertama kali mengumumkan rencana Travel Bubble pada pertengahan Oktober ketika kedua negara berusaha memperbaiki dampak yang disebabkan oleh pandemi virus corona pada industri pariwisata dan penerbangan yang terpukul parah. Tanpa perjalanan udara domestik, kedua pusat bisnis Asia itu sangat bergantung pada perjalanan internasional. Tahun lalu, Hongkong mencatat lebih dari 453.000 pengunjung datang dari Singapore, sedangkan Singapore menerima 489.000 pengunjung dari Hongkong menurut statistik resmi masing-masing negara.
 
Menteri Transportasi Singapura, Ong Ye Kung, memuji perjanjian ini sebagai "yang pertama dari jenisnya", dan yakin bahwa perjanjian tsb. dapat memulihkan perjalanan internasional. Travel Bubble Singapore-Hongkong memungkinkan kedua negara mencapai dua tujuan yang sama yakni membuka perbatasan dengan cara yang terkendali sambil menjaga keamanan dalam masyarakat. Diharapkan ini akan menjadi referensi yang berguna bagi negara lain yang telah mampu mengendalikan penyebaran Covid-19 dan sedang mempertimbangkan untuk membuka perbatasan negara.
 
Update 23 Nov 2020
Dilansir dari The Jakarta Post, rencana Travel Bubble Hongkong dan Singapore yang akan diluncurkan pada hari Minggu (22/11) akan ditunda selama dua minggu setelah Hongkong melaporkan lonjakan kasus virus corona harian. Terdapat 43 kasus virus corona baru pada hari Sabtu yang merupakan lonjakan harian tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Di antara mereka, 36 ditransmisikan secara lokal - termasuk 13 yang tidak dapat dilacak.
 
Travel Bubble yang memungkinkan sejumlah pelancong untuk terbang tanpa harus melalui karantina akan ditinjau kembali pada awal Desember, Ujar Sekretaris Perdagangan dan Pembangunan Ekonomi Edward Yau pada media. "Sehubungan dengan meningkatnya kasus-kasus lokal baru-baru ini, kami telah memutuskan bersama dengan pemerintah Singapura bahwa (kami) akan menunda peluncuran Travel Bubble dalam dua minggu," katanya.
 
Image Credit : freepik

Share On:

Daftar Newsletter

Jadilah orang pertama yang mendapatkan informasi diskon dan penawaran menarik