Responsive image

For Info & Inquiries
+6285954487807

Responsive image

Laos - Negeri Tersembunyi Yang Mempesona

Di publikasikan oleh Admin Pada Tanggal 16 Oktober 2023
Responsive image

Laos - Negeri Tersembunyi Yang Mempesona - Terkurung pada daratan dan bergunung-gunung, Laos tidak memiliki aktivitas seperti negara-negara tetangga seperti Vietnam, Thailand, dan Kamboja. Namun hal itu juga yang membuat Laos begitu menarik. Negara ini memiliki suasana yang sangat berbeda, menawarkan perubahan kecepatan dan ritme yang menyegarkan dan tidak terburu-buru. “Apa yang membuat Laos tetap utuh juga menjadi alasan mengapa tidak banyak orang yang bisa mengalaminya,” kata Jason Rolan, seorang spesialis pariwisata dan penduduk tetap. Bagi Rolan yang perusahaannya RDK Group, memberikan nasihat kepada Kementerian Informasi, Kebudayaan dan Pariwisata, hal yang dipertahankan termasuk bentang alam negara yang masih alami.
 
Jalur kereta api Laos-Tiongkok memicu era baru pariwisata. Untuk memanfaatkan momentum tersebut, Rolan dan pemangku kepentingan pariwisata lainnya bekerja sama dengan pejabat pariwisata Laos dalam Visit Laos 2024, sebuah kampanye nasional yang dirancang untuk menarik 4,6 juta pengunjung tahun depan. Hal ini mencakup pengembangan pemasaran, pelatihan, dan produk-produk yang berfokus pada alam.
 
Alam, Budaya dan Petualangan Berlimpah
“Bentang alam Laos yang terjal sangat cocok untuk petualangan,” kata Rolan. “Akan ideal bagi pengunjung untuk tinggal setidaknya selama dua minggu karena ada banyak tempat untuk dijelajahi.” Bahkan di sekitar Vientiane, berkendara singkat akan memungkinkan para pelancong mengakses peluang untuk bertualang di luar ruangan, mulai dari hiking dan kayak hingga menjelajahi gua.
 
Namun jika pengunjung berani explore, imbalannya akan berlipat ganda. Hanya empat hingga lima jam dari Vientiane terdapat Rock Viewpoint di provinsi Khammouane. Rute menuju puncak, dilengkapi zipline, jembatan tali goyah, dan via ferrata, menawarkan pengalaman tak terlupakan dan menakjubkan dari formasi karst unik di Kawasan Konservasi Nasional Phou Hin Boun.
 
Sebuah Negeri yang Tak Lekang oleh Waktu
Daya tarik negara ini yang paling digemari adalah atmosfernya yang alami dan tertutup. Hal ini terutama berlaku di bekas ibu kota kerajaan Luang Prabang, kota tua yang terdaftar di UNESCO di negara ini, terletak di tikungan tajam di sepanjang Sungai Mekong dan bertemu dengan sungai Nam Khan.
 
Jalan utama Kota Tua, Jalan Sisavangvong, dipenuhi dengan restoran dan kafe yang menampilkan kursi teras luar ruangan yang menghadap ke jalan. Saat matahari terbenam, berlayar di sungai dengan kapal Khopfa Mekong Cruise atau mendaki puncak Gunung Phousi adalah favorit pengunjung.
 
Pesona Warisan
Di antara pengalaman khas Rosewood Luang Prabang adalah tur jalan kaki keliling Kota Tua yang dipimpin oleh Francis Engelmann, yang menjadi penasihat UNESCO selama 20 tahun, untuk mempelajari sejarahnya melalui arsitektur warisan di kota.

Ada banyak hal yang bisa dijelajahi dengan berjalan kaki. Terdapat jalan kecil sepi yang mengarah ke kawasan pejalan kaki di tepi sungai, tempat berlabuhnya kapal pesiar kayu dengan berbagai tingkat kemewahan. Terdapat pagoda berlapis emas berusia berabad-abad, rumah pedagang beratap miring, dan bungalo jongkok era kolonial yang diubah menjadi hotel butik. Di bawah perlindungan UNESCO, neon tidak diperbolehkan, dan semua papan tanda – untuk restoran, penanda ATM, butik pengrajin – diukir di atas kayu. Tidak ada lampu lalu lintas.
 
Rosewood hanyalah salah satu dari beberapa merek hotel mewah – termasuk MGallery, Belmond dan Aman – yang melayani sekelompok wisatawan kaya yang mendambakan destinasi wisata yang berbeda dari biasanya dan mengakui daya tarik transportasi Luang Prabang. Wisatawan yang siap untuk berhenti sejenak dan kembali ke kecepatan yang lebih lambat, Luang Prabang dan sebagian besar wilayah Laos lainnya menawarkan sesuatu yang mirip dengan perjalanan kembali ke masa lalu
 
Image Credit : Freepik

Share On:

Daftar Newsletter

Jadilah orang pertama yang mendapatkan informasi diskon dan penawaran menarik