Responsive image

For Info & Inquiries
+6285954487807

Responsive image

Aturan Baru Masuk Indonesia - Wajib Sudah Vaksin & Karantina 8 Hari

Di publikasikan oleh Admin Pada Tanggal 05 Juli 2021
Responsive image

Aturan Baru Masuk Indonesia, wajib sudah Vaksin & karantina 8 Hari - Pemerintah melakukan pembaruan aturan masuk Indonesia bagi seluruh pelaku perjalanan internasional yang masuk wilayah Indonesia. Pembaruan aturan ini dilakukan di tengah lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air. Pembaruan tersebut terdapat dalam addendum Surat Edaran Satgas No. 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19 yang berlaku mulai 6 Juli 2021 hingga waktu yang ditentukan kemudian.
 
Bagi WNA & WNI yang masuk ke Indonesia wajib menunjukkan kartu vaksin COVID-19, hasil tes swab PCR negatif COVID-19 serta menjalani wajib karantina selama 8 hari (yang sebelumnya 5 hari). Pertama-tama WNA atau WNI akan menjalani tes swab PCR pertama pada saat kedatangan. Jika negatif, maka akan langsung dibawa ke tempat karantina. Sedangkan apabila positif, maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit.
 
Kemudian di hari ke-7 karantina, baik WNA maupun WNI akan kembali menjalani tes swab PCR yang kedua. Jika menunjukkan hasil negatif, WNI dan WNA dapat dinyatakan selesai karantina dan selanjutnya diperkenankan melanjutkan perjalanan. Jika hasil positif, maka untuk WNI biaya perawatan akan ditanggung pemerintah. Sedangkan untuk WNA, ditanggung dengan biaya sendiri.
 
Terkait vaksin, WNI yang belum mendapat vaksin ketika pulang ke Indonesia maka akan divaksinasi di tempat karantina setelah menjalani tes swab PCR yang kedua dengan hasil negatif. Adapun WNA yang sudah berada di Indonesia & melakukan perjalanan baik domestik maupun internasional diwajibkan untuk melakukan vaksinasi melalui skema program atau gotong royong sesuai peraturan perundang-undangan.
 
Pengecualian menunjukkan kartu vaksin diberikan kepada WNA pemegang visa diplomatik dan visa dinas yang terkait kunjungan resmi kenegaraan pejabat asing setingkat menteri ke atas dengan skema Travel Corridor Arrangement, sesuai prinsip resiprositas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
 
Image Credit : Freepik

Share On:

Daftar Newsletter

Jadilah orang pertama yang mendapatkan informasi diskon dan penawaran menarik