Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018

Friday, August 29, 2014

Pantai Gua Cina - Kab. Malang


Kabupaten Malang memang menyimpan banyak sekali pesona wisata. Khususnya pantai-pantainya yang jarang terekspos. Wisata pantai di kota bunga  ini tersebar di wilayah Malang bagian selatan. Objek wisata di daerah ini tak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Bali bahkan luar negeri sekalipun. Salah satunya adalah Pantai Gua Cina.

Pantai Gua Cina memiliki kisah dan sejarah yang unik. Konon menurut cerita masyarakat setempat, ada sebuah gua di bukit pinggir pantai yang digunakan oleh seorang pertapa China untuk bersemedi.

Pantai Gua Cina terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Selatan. Pantai yang masih perawan ini hanya berjarak sekitar 6 km dari arah barat Pantai Sendang Biru. Objek wisata ini masih sangat alami. Warna air laut yang jernih dan bersih, dibalut oleh pasir putih yang lembut membuat pantai ini sangat menakjubkan. Pohon-pohon seperti cembirit, ketapang, dan pohon jenis tutup berjajar rapi di area pinggir pantai. Selain membuat suasana asri, pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung. Keberadaan tiga pulau yang berada di tengah-tengah pantai Gua Cina membuat pandangan mata lebih indah. Tiga pulau itu adalah Pulau Bantengan, Pulau Gua China, dan Pulau Nyonya.


Seperti namanya, di pantai ini terdapat sebuah gua yang menjadi daya tarik tersendiri. Keberadaan gua ini terletak di sisi kanan pantai sekitar 50 meter dan berada di bukit karang. Gua tersebut berupa rongga yang menjorok sekitar 8 meter dengan ketinggian kira-kira 2 meter. Siapa pun bisa masuk dengan mudah. Ruangan di dalamnya juga cukup lebar, bisa untuk  berjalan beriringan dua orang. Lebarnya kira-kira 2 meter-an. Tidak terlihat batu-batu stalaktit maupun stalakmit di dalam gua ini. Meskipun begitu, gua ini terlihat memiliki nilai magis yang kuat.

Terlepas dari mitos dan sisi misteriusnya, pantai yang indah ini juga menyajikan fenomena alam yang langka. Yaitu terjadinya gelombang yang bersimpangan tidak karuan dari tiga arah, selatan, timur dan barat. Arus gelombang itu selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Karena arus gelombang yang bertabrakan demikian kuat, sehingga memunculkan suara bergemuruh. Inilah salah satu fenomena alam yang cukup langka di pantai Malang Selatan. Karena besarnya ombak, tidak ada perahu nelayan yang berani bersandar di pantai ini. Kawasan Pantai Gua Cina ini hanya menjadi jalur lalu lintas para nelayan dari segala penjuru menuju Pantai Sendang Biru.

Selain kebersihan pantai yang masih terjaga, Pantai Gua Cina juga menyediakan area camping untuk wisatawan berkemah. Karena keindahannya, tak sedikit yang memanfaatkan lokasi wisata ini untuk foto pre-wedding.  Namun sayangnya, di pantai ini para pengunjung sangat tidak disarankan untuk berenang. Hal ini dikarenakan Pantai Gua Cina memiliki beberapa tempat dengan kedalaman yang curam dan arus laut yang cukup besar.

Salika Travel
BBM 7666BAEF atau WA +6285954487807
email
info.salikatravel@yahoo.com
Twitter
@SalikaTravel
Facebook
Salika Travel



courtesy : http://surabaya.panduanwisata.com/wisata-alam/pantai-gua-china-antara-misterius-dan-pesona-alami-nan-eksotis/
 

No comments:

Post a Comment